Perkawinan - Sosiologi SMA Program IPS

Agustus 24, 2020

 Perkawinan adalah ikatan sosial atau ikatan perjanjian hukum antar pribadi yang membentuk hubungan kekerabatan dan yang merupakan suatu pranata dalam budaya setempat yang meresmikan hubungan antar pribadi yang biasanya intim dan seksual. Perkawinan umumnya dimulai dan diresmikan dengan upacara pernikahan. Selengkapnya simak video dibawah ini :



Share this

Internet of Things is possible way to get friends, supporter, the solver and earning. It's cheaps and always free. More info : www.gapuraweb.com

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
17 September 2020 17.52 delete

Egi saputra
XI IBB/12


Dalam masyarakat adat perkawinan pada umumnya masih merupakan suatu “ikatan”, yang tidak hanya mengikat seorang laki-laki dengan seorang wanita, tetapi juga mengikat kaum kerabat si laki-laki dengan kaum kerabat si wanita dalam suatu hubungan tertentu. Perkawinan tradisional pada umumnya merupakan suatu proses, mulai dari saat lamaran, lalu memberi mas kawin , kemudian peneguhan, dan seterusnya.


Model perkawinan di indonesia:
1. Endogami

Endogami adalah suatu perkawinan antara etnis, klan, suku, kekerabatan dalam lingkungan yang sama.

2. Eksogami

Eksogami adalah suatu perkawinan antara etnis, klan, suku, kekerabatan dalam lingkungan yang berbeda. Eksogami dapat dibagi menjadi dua macam, yakni :

•Eksogami connobium asymetris terjadi bila dua atau lebih lingkungan bertindak sebagai pemberi atau penerima gadis seperti pada perkawinan suku batak dan ambon.

• Eksogami connobium symetris apabila pada dua atau lebih lingkungan saling tukar-menukar jodoh bagi para pemuda.

Reply
avatar